Frequently Asked Questions

Q: Apakah betul H&D Training memberikan Money Back Guarantee?

A: Benar, H&D Training akan mengembalikan 100% biaya training apabila peserta merasa tidak mendapatkan manfaat apa pun setelah menyelesaikan seluruh sesi dari awal hingga akhir.

Q: Workshop H&D Training menyentuh peningkatan EQ. Apa perbedaannya dengan kursus ESQ yang diselenggarakan oleh beberapa lembaga training lainnya?

A: Modul H&D Training lebih menyentuh hubungan bersifat horizontal, yaitu hubungan manusia dengan manusia, sedangkan ESQ lebih menyentuh hubungan vertikal antara manusia dengan Tuhan Sang Pencipta. Keduanya saling melengkapi, karena agak sulit untuk memperoleh kualitas hubungan manusia yang baik jika tidak dilengkapi dengan kualitas spiritual yang baik juga. Peningkatan kualitas spritual dialami pula pada alumni H&D Training, karena didasari kesungguhan hati untuk berbuat lebih baik kepada sesama manusia.

Q: Apakah dalam workshopnya H&D Training lebih condong ke satu agama atau suku tertentu?

A: Tidak, modul kami dirancang untuk dapat diikuti oleh seluruh lapisan masyarakat, tanpa memandang SARA.

Q: Apakah setelah mengikuti workshop dari H&D Training peningkatan kualitas kepribadian dan spiritual saya bersifat abadi? Artinya tidak harus mengikuti lagi workshop untuk penyegaran?

A: Semua kembali kepada diri masing-masing. Kalau kita sudah mengalami perubahan kualitas diri kita, tetapi lingkungan tidak mendukung, maka lingkungan bisa mempengaruhi. Oleh karena itu, setelah Anda berubah menjadi lebih baik, maka Anda harus menularkannya kepada lingkungan Anda jika bisa, jika tidak maka terpaksa Anda harus mencari lingkungan baru yang mendukung Anda.

Q: Apakah cukup mengikuti salah satu modul saja, misal SAP saja, atau SIP saja?

A: Kami sangat menganjurkan kepada siapa pun untuk mengikuti dua program kami yang berbeda. Karena diperlukan keseimbangan. Dengan mengikuti SAP, kita memiliki power untuk menaklukkan semua masalah kita, jika ditambah dengan SIP maka kita akan tahu seninya menaklukkan masalah tanpa membuat masalah kepada pihak lain. Kami juga memiliki modul lainnya dengan materi yang lebih spesifik, yang akan lebih berkualitas jika peserta telah mengikuti dua modul utama kami. Tetapi tentu saja ini bukanlah satu keharusan yang mutlak.

Q: Apakah saya harus mengikuti workshop MYP atau FTDIY dulu baru kemudian modul lainnya?

A: Sebaiknya peserta mengikuti modul MYP dan FTDIY lebih dahulu. Karena modul MYP & FTDIY adalah The Mother of Training, yang menjadi dasar bagi training-training yang lain.

Q: Apakah perlu kita mengikuti training lainnya setelah mengikuti modul H&D Training?

A: Modul H&D Training bersifat sangat mendasar yang menyentuh fitrah & kodrat kita sebagai manusia. Hari ini banyak sekali alumni H&D Training yang begitu keranjingan ikut training pengembangan diri lainnya. Namun demikian tetap diperlukan sikap yang bijak dan hati-hati dalam memilih training, karena tidak semuanya akan memberikan nilai positif bagi anda.

Q:Apa perbedaan modul H&D Training dengan modul training yang lain ?

A:Modul Training SIP (Self Improvement Program) menekankan kepada pentingnya proses bertahap agar keyakinan bisa terbentuk dengan alami dan bersifat permanen. Peserta tidak hanya melakukan pelatihan dikelas tetapi juga diluar kelas. Modul Training SIP sangat berorientasi kepada perubahan, bukan sekedar pemahaman semata. Dengan kata lain SIP adalah gabungan antara seminar, training dan kursus (kami memberi nama workshop training)

Q:Banyak training yang memberikan manfaat atau perubahan yang temporer (sesaat), bagaimana dengan modul H&D Traninig ?

A:Berangkat dari pengalaman mengikuti berbagai seminar, training dan workshop yang lain, maka kami berusaha membuat modul training yang berbeda yang diharapkan mampu keluar dari masalah yang selalu berulang, dengan metode dan pendekatan yang berbeda kami melihat perubahan dan kemajuan yang diperoleh peserta cenderung permanen (berdasarkan evaluasi kami sejak 1999).

Q:Mengapa kemajuan, perubahan dan ketrampilan alumni cenderung permanen ?

A:Karena materi yang kami berikan bersifat kekal (hukum hukum alam), sesuatu yang bersifat pasti, sepasti matahari terbit dari Timur dan selalu terbenam di Barat, tugas kami adalah bagaimana meyakinkan mereka untuk mempercayai apa yang kami berikan dan mereka membuktikan kebenarannya dengan cara mengalami, merasakan dan yang terpenting MEMAKNAI materi tersebut, ditambah pola pelatihan yang berlangsung secara teratur/periodik memberikan kesempatan kepada peserta untuk memaknai setiap materi secara alami (tidak tertekan), penumpukan pengalaman yang berulang membentuk keyakinan yang baru atau menciptakan keyakinan baru (bagi yang belum memiliki sebelumnya).

Q:Rasanya nilai invetasinya/biayanya cukup mahal ya dibandingkan seminar dan training yang lain ?

A:Pertama kita harus memahami terlebih dahulu silsilah didalam “industri” pelatihan, saya susun dari yang paling murah secara investasi/biaya :
1. Seminar, investasi/biaya paling rendah, maksimal output : pencerahan, informasi baru, ide baru.
2. Training, investasi/biaya diatas seminar, maksimal output : pencerahan, informasi baru, ide baru + skill baru tetapi belum dalam taraf mahir.
3. Workshop Training, investasi/biaya diatas training apalagi seminar, maksimal output : pencerahan, informasi baru, ide baru + skill baru yang sudah masuk taraf terampil + keyakinan baru + kebiasaan/habit baru.
Nah kami berada di no 3 yaitu : berusaha semaksimal mungkin bersama para peserta untuk menghasilkan output secara maksimal.

Jadi biaya kami memang tidak murah jika dibandingkan dengan seminar atau training lain pada umumnya.

Tetapi jika kita membandingkan dengan biaya Les Private siswa SMP (referensi anak kami) perjamnya Rp 75.000,- bandingkan dengan Workshop Training kami yang perjamnya hanya Rp 85.725,- plus dinner 7X di Hotel berbintang :)
Padahal outputnya sangat berbeda antara Les Private dengan Workshop Training yang diikuti oleh para pimpinan pimpinan perusahaan yang sudah lama meninggalkan bangku SMP :)

Q:Apakah alumni selama ini mendapat jaminan bahwa skill, perubahan dan kebiasaan baru yang diperoleh akan bersifat permanen ?

A:Workshop Training kami selama ini mampu memberikan maksimal output : pencerahan, informasi baru, ide baru + skill baru yang sudah masuk taraf terampil + keyakinan baru + kebiasaan/habit baru. Mengenai apakah skill dalam taraf trampil, keyakinan baru dan kebiasaan/habit baru akan bersifat permanen bagi para alumni nantinya, sangat bergantung kepada kedisiplinan dan kemauan alumni untuk mempraktekan secara sadar dan terus menerus selama hiudpnya. Sama seperti halnya olah raga, mengendarai mobil, berbicara bahasa asing, jika kita tidak gunakan sencara teratur kita harus beradaptasi lagi, tetapi dalam waktu yang tidak terlalu lama kita akan kembali ke form semula.