Mastering Your Potential

Posted on August 7th, 2007. By H&D Training
Filed under: News & Articles | No Comments »

Self Achievement Program series adalah seri pengembangan diri yang bertujuan untuk meningkatkan performance, prestasi dan produktivitas para peserta. Salah satu judul modul training yang H&D Training siapkan adalah “Mastering Your Potential with FIREWALKING”. Modul ini adalah sebuah workshop singkat (selama 9-12 jam) yang bertujuan meningkatkan produktivitas para peserta. Sesuai dengan judul di atas yang mana jika diterjemahkan artinya adalah menerobos, menjebol ikatan/hambatan mental yang membelenggu di dalam kehidupan kita. Dengan terbukanya hambatan di dalam diri kita, maka produktivitas para peserta akan mampu ditingkatkan.Tahap pertama dilakukan pendekatan dengan cara para peserta disadarkan terlebih dahulu, bahwa mereka mempunyai potensi/kapasitas yang besar sebagai seorang individu. Setelah benar benar menyadari, setuju dan yakin (tentunya melalui pembuktian-pembuktian ilmiah yang menjadikan training ini sangat luar biasa), langkah berikutnya adalah peserta diajarkan bagaimana cara memicu agar potensi dalam diri kita bisa didayagunakan. Lalu bagaimana mengatasi hambatan mental yang selalu mengganggu kita.

Sebelum kita menggunakan potensi tersebut, di akhir workshop ini, para peserta akan membuktikan apakah mereka benar-benar memiliki potensi besar tersebut? Apakah mereka mampu mengatasi hambatan dalam mendayagunakan potensi tersebut? Dan yang paling utama adalah apakah mereka mampu mengeluarkan potensi yang Tuhan sudah siapkan jauh sebelum kita dilahirkan.

Lalu apakah kaitan firewalking (berjalan di atas api) dengan potensi diri kita? Disitulah letak “misteri” dari workshop H&D Training ini. Banyak yang memvonis bahwa training H&D Training ini tidak ilmiah alias magis, ini debus yang dibuat workshop dengan iming-iming meningkatkan potensi diri, dan masih banyak lagi statement-statement yang dilontarkan oleh masyarakat, baik itu dengan serius maupun sekedar bercanda.

Itulah justru yang menjadi keunikan dan kedahsyatan workshop ini, rasa penasaran dan judgement yang dilontarkan adalah bentuk ketertarikan, bentuk keingintahuan dan sekaligus bentuk ketakutan yang merongrong para calon peserta. Karena pada akhirnya semua orang seharusnya membuktikan, apakah kita sebenarnya punya nyali? Seperti yang dikatakan Robert T. Kiyosaki dalam buku best sellernya RICH DAD POOR DAD, bahwa sukses dan gagal, kaya dan miskin hanya sebatas kemampuan mengatasi rasa takut (berani).

Mengapa Robert T. Kiyosaki menyatakan hal tersebut, rupanya penyebab utama seseorang tidak bisa mencapai kesuksesannya adalah karena mereka tidak memiliki keyakinan akan keberhasilan yang akan dicapai. Mengapa mereka tidak memiliki keyakinan tersebut, karena mereka memiliki pengalaman kegagalan di masa lalu yang mengakibatkan mereka tidak berani, alias takut untuk mengalami kegagalan lagi. Yang lebih mengerikan adalah, ketika seseorang tidak memiliki keberanian untuk mencoba sesuatu yang belum pernah dicoba sebelumnya, tetapi sudah memutuskan bahwa mereka tidak mungkin akan berhasil, kami harap ini bukanlah Anda yang sedang membaca tulisan ini.

Yang perlu menjadi catatan, firewalking adalah salah satu metode yang terbukti sangat ampuh memicu potensi para peserta workshop training. Firewalking menjadi metode andalan Anthony Robbins (speaker no satu di dunia) dalam mengubah ratusan ribu bahkan jutaan orang di dunia ini. Dengan seminar-seminar raksasa yang diselenggarakan di gedung-gedung berkapasitas puluhan ribu orang, dengan investasi yang tidak sedikit, yaitu di atas Rp 10 juta. Sayangnya Anthony Robins belum berminat menyelengarakan seminar tersebut di Indonesia.

Berbeda dengan workshop H&D Training, pertama-tama yang membawakan workshop ini adalah jelas bukan Anthony Robbins. Kedua biaya investasi pun tidak mencapai 10% dari biaya Anthony Robbins. Jadi workshop H&D Training ini bisa dinikmati oleh lebih banyak orang dengan biaya yang relatif tidak mahal. Ketiga, firewalking yang H&D Training gunakan bukan sekedar bara api (arang panas), tetapi api dengan ketinggian berkisar 40 cm hingga 50 cm, ini adalah yang pertama di Indonesia, bahkan mungkin di Asia.

Pada akhirnya kualitas kita sebagai seorang individu, akan membedakan masa depan kita. Kepintaran, kerja keras, dan memiliki planning yang baik, tidaklah cukup untuk menjamin sebuah kesuksesan. Terlalu banyak orang yang sudah menyadari dan melakukan hal-hal di atas. Hanya orang yang bisa mengenal dengan baik siapa dirinya, sebesar apa dirinya, sehebat apa dirinya …….. dialah yang akan muncul kepermukaan, menjadi pribadi pribadi unggul yang diperhitungkan.

Leave a Reply