Sikap adalah Segalanya

Posted on June 8th, 2009. By Eep S. Maqdir
Filed under: News & Articles | No Comments »

Bayangkan suatu hari anda naik sebuah bis, yang penuh sesak, panas di siang bolong, sudah begitu ada orang yang merokok juga. Pengap dan sesak rasanya. Apa yang akan Anda lakukan? Bisa jadi anda menggerutu, kesal,  marah-marah, ngomel dalam hati, tapi anda tetap saja berada di dalam bis. Yang kedua, bisa saja anda mengabaikan semua itu, anda bahkan melamunkan pacar anda, sambil tersenyum-senyum, bersenandung lirih, tidak peduli lagi suasana bis yang penuh sesak dan bau asap rokok. Atau, Anda bisa saja menghentikan bis, dan anda keluar dari bis tersebut.

Nah.. itulah namanya sikap. Tidak semua apa yang terjadi dalam hidup kita ini sesuai keinginan kita. Buat ibu-ibu, mungkin sudah cerita lama kalau pagi-pagi susahnya menyuruh anak-anak mandi. Orang tua selalu inginnya punya anak yang menurut apa saja kata orang tua. Padahal kalau anak kecil tidak mau mandi, sebetulnya yang salah siapa? Orang tua apa anaknya? đŸ˜€

Hampir semua apa yang ada di dunia ini selalu ada beberapa sisi yang berbeda. Bahagia menurut si A, belum tentu bahagia menurut si B. Seperti pisau juga, bisa berguna buat mengupas apel, atau sebaliknya jadi alat untuk membunuh. Facebook, Yahoo Messenger, bisa saja berguna sebagai alat komunikasi dan bersosialisasi, tetapi kalau berlebihan dan kejadian CLBK, itu yang jadi bahaya. Ponsel sangat berguna untuk komunikasi, tetapi gara-gara ponsel dan SMS, rumah tangga pun bisa runyam. Semua menjadi tergantung sikap kita mau seperti apa.

Negara Indonesia ini kabarnya sekarang sedang sakit. Korupsi merajalela dimana-mana, pejabat lebih banyak mementingkan kepentingan pribadi dan golongannya daripada rakyat. Lalu apa sikap kita? Hanya ngedumel, ngomel-ngomel, kritik ga abis-abis? Atau kita berbuat sesuatu yang baik kepada diri kita, keluarga dan masyarakat sekitar kita, walau pun tindakannya mungkin kecil saja.

Anda tahu kalau surga dan neraka saja adalah tergantung dari sikap kita, mau pilih yang mana? Surga atau neraka? Jalannya sudah ada dua-duanya diberi tahu oleh Tuhan.

Wallahu alam..

Leave a Reply