Pentingnya training motivasi untuk meningkatkan prestasi kerja

Posted on July 18th, 2009. By Harry Utomo
Filed under: News & Articles | No Comments »

Setiap orang termasuk anda membutuhkan motivasi agar dapat meraih prestasi yang terbaik. Demikian juga seorang karyawan pasti membutuhkan motivasi untuk membantu perusahaan mencapai target yang diinginkan. Hal ini wajar mengingat setiap karyawan yang bekerja secara terus menerus pasti suatu akan merasa jenuh yang pada akhirnya dapat menurunkan produktivitas kerja. Oleh karena itu dibutuhkan penyegaran agar karyawan tersebut tidak merasa jenuh bekerja di kantor.

Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan kinerja karyawan yaitu dengan menyelenggarakan training motivasi. Yang dimaksud dengan training motivasi adalah pelatihan pemberian dorongan, stimulus dan semangat kepada peserta untuk melakukan sesuatu agar tercapai tujuan yang diinginkan. Banyak manfaat yang dapat diperoleh dari training motivasi ini, antara lain :

1. Bagi karyawan
- Dapat memberikan semangat baru sehingga dapat meningkatkan etos kerja
- Dapat mempererat hubungan antar karyawan sehingga dapat meningkatkan kerjasama dalam memecahkan masalah perusahaan
- Dapat memberikan penyegaran kepada karyawan agar tidak bosan menghadapi rutinitas kerja
2. Bagi perusahaan
- Target perusahaan dapat tercapai
- Produktivitas kerja meningkat

Saat ini banyak jasa training motivasi yang menawarkan penyelenggaraan training motivasi bagi karyawan perusahaan. Biasanya kegiatan training motivasi diadakan perusahaan setahun sekali dan dikemas dalam bentuk outbond. Dengan adanya kegiatan outbond ini selain dapat menghilangkan rasa jenuh akibat rutinitas sehari-hari, juga dapat memberikan efek positif terhadap semangat kerjasama antar peserta. Hal inilah yang nantinya dibutuhkan dalam perusahaan untuk mengatasi berbagai masalah yang dihadapi.
Agar lebih efektif, kegiatan training motivasi diikuti oleh semua level karyawan dari mulai pimpinan sampai karyawan bawahan. Selain itu kegiatan training motivasi juga digabung dengan rangkaian acara yang lain seperti gathering karyawan, rapat kerja dan refreshing. Dengan demikian selepas mengikuti acara training motivasi, diharapkan semua karyawan dapat lebih bersemangat dalam menghadapi tantangan perusahaan ke depan.

Waktu penyelenggaraan training motivasi biasanya diadakan pada awal atau akhir tahun. Hal ini disebabkan karena pada awal/akhir tahun semua karyawan sangat jenuh dan stress seusai membuat laporan kegiatan tahunan dan rencana kegiatan tahunan.
Mengingat pentingnya kegiatan training motivasi dalam meningkatkan prestasi kerja karyawan, maka sudah selayaknyal perusahaan untuk mengadakan kegiatan training motivasi secara rutin agar semua rencana dan target perusahaan dapat tercapai dengan baik.

Leave a Reply